Kami menerima Sumbangan Buku, baru maupun layak baca. Relawan kami siap menjemput. Hub. 021.9156.9156

Indonesia Book Fair 2008: Petualangan Lewat Dunia Kata!


Indonesia Book Fair 2008 merupakan pameran buku bertaraf Internasional. Bisa jadi, pemeran buku kali ini memang bagaikan ‘surga’ bagi khalayak masyarakat. Mulai dari buku-buku ilmiah kedokteran, sastra, hingga ke komik-komik langka, semuanya ada di sini.


Setiap tahunnya, Indonesia Book Fair selalu tampil dengan tema-tema kedaerahan. Upayanya, adalah untuk melestariakn budaya nasional dan memotivasi para penerbit local yang ada di daerah-daerah. Sejak tahun 2005 hingga 2007, Indonesia Book Fair telah mengangkat tema: The Rise of Aceh (2005), The Growth of Papua (2006) dan Gorontalo The Hidden Paradise (2007). Kini, giliran Sumatera Barat yang dilirik, kemudian temanya ditulis sebagai The Heritage of Ranah Minang.

Indonesia Book Fair 2008 digelar di Main Lobby, Jakarta Convention Centre tanggal 12 s/d 16 November 2008. Acara ini adalah pameran industri penerbitan buku bertaraf internasional dan merupakan agenda rutin tahunan dari Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Dalam pidato pembukaannya, Robinson Rusdi, Ketua Panitia Indonesia Book Fair 2008 menyatakan, “ Indonesia Book Fair bukan hanya acara pameran saja, tapi juga menjadi momen yang sangat baik untuk mengajak dan memperkenalkan penulis-penulis nasional kepada khalayak ramai dan penerbit-penerbit di tanah air.”

Ini adalah yang ke-28 kalinya, Indonesia Book Fair digelar di tanah air. Dengan latarbelakang untuk meningkatkan minat baca dan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, acara ini juga diisi oleh berbagai acara kreatif dan unjuk kemampuan. Diantaranya, dari penerbit Ganeca hari pertama pameran telah melaksanakan babak penyaringan test kemampuan bidang sains untuk murid-murid dari 62 SMP se-Jabodetabek.


Di sudut lain, ada lomba gambar yang juga digelar pihak panitia untuk murid-murid Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Pesertanya di hari pertama cukup banyak, mencapai angka 50-an orang anak.

Selain itu, ada acara Book Launching, Book Review, Book Signing, Workshop Storytelling, Mini Library, dan Sumbang Buku.

Yang juga menarik untuk dilirik adalah stand yang menjual buku-buku langka. Dari mulai buku teks, hingga komik-komik karangan RA. Kosasih dan komik-komik Tintin, juga ada di sana. Ada beraneka varian buku yang tak hanya dipamerkan tapi juga dijual dengan harga yang sangat murah. Hanya dengan Rp 10.000,-, anda bisa membaca Kumpulan Esai Iwan Simatupang, bahkan buku kumpulan esai karangan Garin Nugroho.

Mau berburu buku-buku baru juga ada di sana. Datangi Indonesia Book Fair 2008, bagaikan berangkat bertualang ke negeri-negeri baru melalui dunia kata-kata! Mungkin anda akan betah berlama-lama di sana. IndofamilyNet. (ayu)

Tidak ada komentar: